Senin, 06 April 2009

印尼好玩儿吗?

g bingung bgt saat guru g meminta kita orang buat bikin karangan perbandingan antara kota yg dulu kita tinggali dan kota yg kita tinggali sekarang.

Tentu aja jelas beda. Di Indonesia, g ini termasuk lumayan jauh dari ibukota Jakarta. G tinggal di Cilegon. Yah, bisa dibilang lah, kota Cilegon dan Jakarta ini beda banget. Dari gedung, jalan, transportasi, dan sarana-prasarana yg dimiliki. Cilegon termasuk lumayan (maap) 'ketinggalan' lah daripada Jakarta. (well, tapi g tetep suka kok ama cilegon.. polusi, macet nya ga parah kayak Jkt. idup cilegon dah...).

Nah, setelah g pikir2, akhirnya g mengambil keputusan buat membandingkan antara kota Jkt dan Nanning (tempat tinggal g sekarang) (at least, lumayanlah ada comparingnya). Lagi2 g kebingungan dan dilema. G sebagai, warga negara yg baik, ga mungkin dong meremeh-remehkan keadaan di Indonesia (Jkt). Gimanapun polanya, g ga mao mengagalkan usaha pemerintah buat 'Visit Indonesia 2009'. Tapi, kalo g ga subjektif, juga salah. Buat apa g ngebagus-bagusin sesuatu kalo mang keadaannya ga kayak gitu?

(satu sisi takut ga diterima saat di imigrasian Indonesia,sisi lain takut ga diterima di sorga. hahaha.. lebay2..)

Emang nih, susah juga membandingkan antara negara berkembang dan negara maju. Di China, kota g ini, termasuk kota kecil di China. Tapi kalo mo dibandingin ama kota Jakarta, kota ini lebih banyak bagusnya. (maap2..). Transportasi, gedung, dan jalanan semua tertata rapi dan teratur.

Nah, di Jakarta? duh, berantakan abiss.. (maap2). Gedung2 dan transportasi pribadi uda memonopoli jalanan di Jakarta.

Makanya, g suka bingung kalo ada yg minta g ngebandingin antara Indonesia dan Nanning (antara negara dan kota). Ato ga antara Jakarta dan Nanning (ibu kota negara dan ibu kota provinsi). Suka dilema! Suka bingung jawabnya gimana..

Makanya neh, g seh berharap, Indonesia bisa segera jadi negara maju. G bangga jadi warga negara Indonesia. tapi kalo ditanya "印尼好玩儿吗?“ (Indonesia, tempatnya asyik ga buat berwisata?) sumpaah, g dilema...